Tips Wisata bagi yang Muslim

Berwisata / liburan adalah kegiatan yang lumrah untuk kita sebagai manusia yang ingin beristirahat, santai, refreshing dari kesibukan sehari-hari yang melelahkan, bahkan untuk seorang muslim. Tidak ada salahnya jika kita menyisihkan sedikit waktu kita untuk berlibur. Apalagi jika memilih objek wisata alam , dengan niat 'ibaadah mengagumi betapa indahnya ciptaan Allaah. Betapa agungnya sang pencipta kita yang menciptakan alam yang indah untuk dinikmati makhluk-makhluknya , dijaga , dirawat dan dilestarikan.

tips wisata untuk muslim

Tetapi ada hal-hal yang harus diperhatikan oleh kita yang muslim ketika berwisata. Mengingat kewajiban kita yang harus tetap dijalankan meskipun dalam keadaan liburan. Yaitu shalat.
Kebanyakan umat muslim yang sedang liburan atau berwisata menyepelekan kewajiban mereka. Dari tidak memperhatikan kesucian diri dan pakaian , shalat dengan terburu-buru , menunda shalat , bahkan ada yang sampai meninggalkannya.  
Kita dilimpahi nikmat yang banyak tanpa terputus-putus kenapa tidak berterimakasih malah durhaka kepada Nya? Astaghfirullaahal'adziiim. Jangan sampai kita seperti itu. Karena banyak orang yang sudah berada di alam kubur ingin dihidupkan kembali hanya untuk shalat , bersujud kepada Nya :')

Ok , untuk wisatawan muslim simak artikel ini yuk tentang tips-tips / hal-hal yang harus diperhatikan ketika berwisata..

Tips Wisata untuk Muslim & Muslimah - yuk-touring.blogspot.co.id

1. Waktu
Yang pertama adalah waktu , kita harus memperhatikan waktu kita saat berwisata / liburan. Dalam menjadwalkan waktu dalam berwisata dari perjalanan berangkat , sesampainya di tempat tujuan , kemudian perjalanan pulang.
Persiapkan dengan baik dimulai dari saat perjalanan , perkirakan kira-kira shalat apa saja yang nanti harus dijalankan ketika perjalanan? Misal berangkat pagi dengan perkiraan sore baru sampai di tempat tujuan. Maka shalat yang harus kita jalankan saat perjalanan yaitu shalat Dzuhur dan Ashar. Nah 1 jam sebelum waktu shalat alangkah baiknya kita berhenti sejenak , mencari masjid atau musholla dijalan. Dizaman sekarang mungkin tidak sulit untuk menemukan masjid / musholla di Jalan.
Kemudian saat di tempat wisata , sobat juga harus memperkirakan waktu. Tips dari kami yaitu 1 jam sebelum waktu shalat alangkah baiknya kita mencari dan mempersiapkan diri di tempat shalat. Tak apalah sejenak kita meninggalkan keseruan-keseruan dalam berwisata untuk shalat. Nanti kan bisa dilanjutkan lagi setelah shalat ^^
Untuk perjalanan pulang juga sama , sebagaimana kita berangkat.
Inti dari tips pertama yaitu persiapkan waktu sobat dalam menghadapi waktu shalat. 

2. Tempat
Nah , untuk selanjutnya yaitu sobat diharapkan mempersiapkan tempat untuk melaksanakan shalat. Setelah mempersiapkan waktu yang dimulai dari perjalanan berangkat , saat di objek wisata dan perjalanan pulang.
Pastikan setiap sobat menentukan tempat tujuan wisata sobat dapat menemukan masjid / musholla disekitar tempat tujuan sobat. Dan diharapkan tempat tersebut benar-benar suci , jauh dari najis , dan layak untuk digunakan dalam menghadap kepada Sang Pencipta.

3. Pakaian
Kebanyakan orang ketika berwisata kurang memperhatikan tentang pakaian , mereka asal shalat saja. Padahal tidak ada yang tau ketika kita diperjalanan dan saat berwisata kita tersentuh dengan hal-hal yang najis.
Nah untuk menghindari hal ini , saran dari kami yaitu untuk pakaian lebih baik membawa sendiri pakaian dari rumah yang digunakan benar-benar hanya untuk shalat dan pastikan pakaian yang kita bawa layak digunakan untuk shalat. Sehingga kesuciannya benar-benar terjaga, dari pakaian paling dalam sampai luar. Kemudian saat packing simpan di tempat yang suci , dalam kendaraan juga letakkan di tempat yang suci.
Setelah mempersiapkan waktu dan tempat , pada saat menjelang waktu shalat sobat bisa mengganti pakaian yang sobat gunakan dengan pakaian yang hanya di khususkan untuk shalat.
Dengan begini kita terhindar dari hal-hal yang merusak shalat kita.

4. Kesucian Diri
Saat menjelang waktu shalat , pastikan diri kita benar-benar suci. Tidak sedang dalam hadas besar maupun kecil. Alangkah lebih baiknya saat kita mengganti pakaian , kita sesuci terlebih dahulu. Membersihkan diri terutama tempat-tempat pada diri kita yang rawan , dekat dengan najis.
Setelah mempersiapkan waktu , tempat , kesucian diri dan pakaian barulah sobat menjalankan shalat. Agar shalatnya lebih maksimal , lebih baik , dengan harapan menjadi amal 'ibaadah yang di ridhoi Nya.

Itu lah beberapa tips wisata untuk muslim dari kami yang membahas tentang shalat. Nantinya kami juga akan berbagi tips wisata saat puasa , tips wisata kuliner yang syar'i , dan tips-tips lain seputar wisata. Terus kunjungi blog kami yaa..
Untuk sobat yang ingin menambahkan point-point penting dari artikel ini silahkan tulis dikolom komentar. Nanti akan kami update artikel ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Wisata bagi yang Muslim"

Post a Comment