10 Wisata Kuliner Jogja yang Tidak Boleh Dilewatkan

Setelah meng-explore beberapa Tempat Wisata di Jogja yang jarang diketahui oleh wisatawan pada umumnya , sekarang saatnya beralih ke Wisata Kuliner Jogja yang pastinya tidak kalah menarik dengan Wisata Kuliner Bandung seperti yang sobat lihat kemarin.

Jika sobat sedang berada di Jogja , atau hendak berwisata ke Jogja pasti akan lebih menarik jika mengetahui tempat-tempat kuliner khas Jogja yang populer dan tentunya mempunyai rasa yang lezat. Nah daripada penasaran, langsung saja yuk simak artikel berikut..

Ini dia 10 Wisata Kuliner Jogja yang tidak boleh sobat lewatkan..

wisata kuliner jogja

1. Bong Kopitown
Jika sobat mendatangi tempat wisata kuliner Jogja yang satu ini mungkin sobat akan tercengang. Bagaimana tidak? Resto Bong Kopitown dikonsep seperti didalam penjara dengan sekat besi di setiap ruangan mulai dari pintu masuk , penempatan ruang makan , dapur , sampai karyawan baik chef , pelayan , kemudian kasir mengenakan seragam narapidana.

wisata kuliner jogja - bong kopitown

wisata kuliner jogja bongkopitown

Tidak hanya bangunan dan seragam pegawai Bong Kopitown yang berkonsep penjara , saat sobat duduk di kursi sobat akan diberikan koran oleh pelayan Bong Kopitown yang teryata isi koran tersebut yaitu daftar menu makanan yang bisa sobat pesan. Jadi benar-benar hampir menyeluruh tema penjara pada tempat kuliner Jogja yang satu ini.

Untuk menu andalan di resto Bong Kopitown yaitu rendang spicy noodle, penang fried noodle, kopi tetes, dan beberapa masakan unik lainnya.
Jika sobat tertarik dengan wisata kuliner Jogja yang satu ini silahkan datang ke JL. Sagan Kidul No. 4 , Jogja.
Bong Kopitown buka mulai dari jam 10 pagi sampai jam setengah 12 malam.
Review lebih lengkap tentang Bong Kopitown bisa sobat lihat DISINI

2. House of Raminten
Di House of Raminten sobat bisa menikmati makanan sekaligus menjadikan wisata kuliner Jogja yang satu ini sebagai tempat nongkrong karena House of Raminten ini di desain dengan konsep angkringan semi cafe.

raminten - wisata kuliner jogja

Jika di Bong Kopitown sobat menemukan resto yang dikonsep sepenuh-penuhnya dengan tema penjara , di House of Raminten sobat akan melihat tempat kuliner yang didesain sepenuh-penuhnya khas jawa. Mulai dari bangunan , hiasan didalam ruangan , aroma dupa , bahkan disana sobat akan dijamu dengan musik gendang khas jawa yang mengalun sebagai teman makan sobat.

Untuk menu di House of Raminten ini unik , nama-nama makanan disana tidak menggunakan nama konstanta masakan pada menu melainkan dibuat khas ala House of Raminten sendiri. Namun makanannya tidak aneh-aneh melainkan masakan tradisional khas jawa seperti tahu bola, wedang sereh, cunduk, brongkos, sate lilit , nasi kucing dll.

House of Raminten buka 24 jam , jadi sobat bisa bebas datang kapan saja jika mengunjungi tempat kuliner Jogja yang satu ini.
Untuk alamatnya , House of Raminten berada di Jalan Faridan Muridan Noto No. 7, Gondo Kusuman, Kota Baru , Jogja.

3. Banyu Mili Resto
Banyu Mili merupakan tempat wisata air yang disatukan dengan wisata kuliner. Selain kolam renang , waterboom mini , bebek air , Banyu Mili juga memiliki resto dengan menu seafood.

banyu mili resto - kuliner jogja

Untuk tempat wisata air sendiri Banyu Mili memiliki kolam renang yang didesain sangat menarik , dari segi bentuk , tempatnya yang terpisah-pisah, kemudian terdapat pepohonan yang menyejukkan mata di sekitar kolam renang.

Pasti sangat menyenangkan , selesai berenang kemudian menikmati hidangan kuliner di Banyu Mili Resto , dengan menu seafood yang khas. Dari berbagai olahan ikan , udang , juga berbagai minuman segar yang menjadi teman istirahat setelah berenang di Banyu Mili.

banyu mili - kuliner jogja

Untuk sobat yang ingin menikmati surga wisata yang satu ini bisa datang ke Perumahan Griya Mahkota, Jl. Godean km 4,5 Kwarasan, Jogja.
Banyu Mili Resto buka setiap hari mulai jam 10 pagi sampai jam 10 malam. Untuk wisata air Banyu Mili buka mulai jam 7 pagi sampai jam 6 sore.
Review lebih lengkap tentang Banyu Mili Jogja bisa sobat lihat DISINI.

4. Kalimilk Jogja
Saat ini banyak sekali Coffe Shop yang menjamur di kota-kota seluruh Indonesia. Karena kita sedang mereview Wisata Kuliner Jogja maka kita akan mengintip Coffe Shop yang populer di Jogja, yaitu Kalimilk.

kalimilk - wisata kuliner jogja

Untuk sobat pecinta minuman susu dan cemilan ringan seperti kue dan gorengan bisa mencoba tempat kuliner Jogja yang satu ini, untuk menjadi NENENers (sebutan untuk pelanggan Kalimilk).

Menu yang bisa sobat temukan di Kalimilk yaitu : Kalimilk dengan berbagai varian rasa seperti vanilla , strawberry , oat , banana , geen tea , mocca , cracknel , dan rasa smoothie. Dimana susu yang disajikan berasal dari sapi perah yang di olah dengan rasa pada menu Kalimilk.

menu kalimilk - wisata kuliner jogja

Sedangkan untuk makanan ringan yang bisa sobat temukan di Kalimilk jogja yaitu berbagai menu kue dan gorengan seperti Tempura , Chicken in the Basket , Sosis , Ice Cream , dan berbagai cemilan ringan yang tentunya memiliki rasa yang lezat.

Gimana sobat? Ingin menjadi NENENer? Yuk ke Kalimilk Jogja , untuk alamatnya Kalimilk Jogja mempunyai 3 cabang yaitu :
  1. The Kalimilk, Jl. Kaliurang KM 4.9, Yogyakarta
  2. TKP 1, Jl.Lempongsari Raya, No.251, Yogyakarta
  3. TKP 2, Jl.Perumnas Mundu Saren, No.148, Yogyakarta
Kalimilk Jogja buka mulai jam 11 siang sampai Habis / Sold Out.

5. Oseng Mercon Bu Narti
Jika sobat pecinta makanan pedas , tidak ada salahnya sobat mencoba Wisata Kuliner Jogja yang satu ini. Oseng Mercon Bu Narti.

oseng mercon bu narti - kuliner jogja

Berbagai menu daging seperti lele , burung dara , ayam , bebek , dan beberapa menu lain yang diolah dengan olahan sambal dan kuah kental yang pedas pasti membuat pengunjung ngiler. Bagi saya , melihat gambar diatas saja sudah tidak tahan ingin mencoba mencicipi kuliner Jogja yang satu ini , karena saya termasuk pecinta makanan pedas.
Apakah sobat juga begitu? Hehehe xD

Untuk harga makanan di Oseng Mercon bu Narti sangatlah terajangkau , yaitu rata-rata 15ribu per porsi. Sedangkan harga minuman di sana mulai dari 2ribu sampai 3ribu rupiah.
Nah untuk sobat yang mungkin sedang berwisata ke Jogja atau ingin mencoba Oseng Mercon Bu Narti bisa datang ke Jl. KH Ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan, Jogja.
Oseng Mercon Bu Narti buka pada jam 5 sore sampai jam 11 malam.

6. Manggar Manding
Manggar Manding merupakan salah satu wisata kuliner Jogja dengan menu khasnya yaitu Gudeg. Namun gudeg di Manggar Manding berbeda dengan gudeg pada umumnya. Jika gudeg pada umumnya terbuat dari nangka muda , gudeg di Manggar Manding terbuat dari manggar (bunga kelapa).

manggar manding - wisata kuliner jogja

Selain Gudeg , di Manggar Manding sobat juga bisa menemukan berbagai menu masakan tradisional seperti brongkos, Gurameh organic bakar madu, botok, Na’Go Manding dan beberapa masakan tradisional lainnya.
Untuk alamat Manggar Manding yaitu Jl. Parangtritis KM.11,5, Bantul, Jogja.

7. Gudeg Pawon
Selain gudeg di Manggar Manding , Jogja tentunya mempunyai banyak sekali wisata kuliner dengan menu Gudeg karena memang menjadi salah satu makanan khas Jogja. Untuk wisata kuliner yang satu ini , yaitu Gudeg Pawon.

gudeg pawon - wisata kuliner jogja

Dinamakan Gudeg Pawon karena disini pembeli akan memesan dan dilayani langsung di dapur (pawon) pembuatan gudegnya. Jadi jika sobat mengunjungi Gudeg Pawon langsung saja menuju dapurnya untuk memesan.. jangan menunggu ditempat makan ya , bisa-bisa sampai tutup yang sobat dapatkan cuma pemandangan pengunjung yang sedang menikmati menu Gudeg Pawon, hehehe.

Untuk menunya , Gudeg Pawon menyajikan olahan ayam kampung yang dicampur dengan gudeg dan beberapa bumbu tradisional lainnya. Pastinya tidak kalah lezat dengan Gudeg Manggar Manding.
Nah, untuk alamat Gudeg Pawon yaitu Jl. Janturan 36-38, Warungboto, Yogyakarta.

8. Sate Klathak Pak Pong
Jika sobat ingin mencoba sate kambing dengan sajian dan rasa yang berbeda , mungkin wisata kuliner Jogja yang satu ini bisa menjadi tujuan sobat ketika berada di Jogja.

sate klathak - wisata kuliner jogja

Sate Klathak Pak Pong , salah satu kuliner Jogja yang menyajikan menu sate kambing. Namun sate kambing di sini berbeda dengan sate kambing yang biasa sobat temui. Di Sate Klathak Pak Pong sate kambing yang disajikan hanya menggunakan bumbu garam dan mrica saja.

Meski terlihat minimalis namun dalam proses pembakaran , Sate Klathak Pak Pong di bakar dengan sangat matang sehingga bumbu yang sudah di campur dengan daging kambing memiliki cita rasa yang sangat kuat.

Di Sate Klathak Pak Pong juga memiliki banyak keunikan , yang pertama tusuk sate yang digunakan disini bukan menggunakan bambu tetapi ruji. Karena saat pembakaran sate , di sate klathak pak pong dibakar agak lama, jika menggunakan bambu pasti mudah patah.

Untuk keunikan yang kedua yaitu 1 porsi sate kambing hanya berjumlah 2 tusuk sate saja.  Karena ukuran potongan dagingnya besar-besar, satu porsi sate klathak sudah cukup sebagai lauk untuk sepiring nasi putih.

Oiya selain menu sate , di Sate Klathak Pak Pong juga tersedia berbagai olahan kambing lainnya , seperti tongseng. Nah untuk sobat yang penasaran dengan wisata kuliner Jogja yang satu ini bisa datang ke Jl Stadion Sultan Agung (Jalan Imogiri Timur Km 7, Wonokromo), Bantul, Jogja.

9. Angkringan Lek Man
Jika sobat senang berburu kuliner pada malam hari dengan suasana yang santai , menuju Angkringan Lek Man bisa menjadi pilihan sobat saat berwisata kuliner di Jogja.

angkringan lek man - wisata kuliner jogja

Dengan menu khasnya yaitu 'Kopi Joss' yang terbuat dari kopi hitam ditambah arang yang membuat aroma kopi semakin joss , sobat bisa nongkrong sambil ngobrol bersama teman , saudara , keluarga , atau mungkin dengan sesama pengunjung angkringan. Wisata Kuliner Jogja yang satu ini merupakan tempat legendaris dimana banyak sekali pengunjung dari berbagai golongan dan komunitas yang nongkrong di Angkringan Lek Man.

Selain mempunyai tempat yang nyaman untuk nongkrong , tentunya di Angkringan Lek Man memiliki menu makanan yang enak dengan harga merakyat. Selain Kopi Joss yang menjadi andalan , menu lain yang bisa sobat temukan di tempat kuliner Jogja yang satu ini yaitu Sego Kucing , aneka gorengan , ndas pitek (kepala ayam) , dan  berbagai jajanan tradisional terdapat di sana.

Wah pasti seru ya nongkrong di Angkringan Lek Man.. selain tempat nyaman , jajanan enak harga merakyat , suasana keramaian disana juga santai. 
Untuk alamatnya , Angkringan Lek Man berada di Jl. Wongsodirjan, Yogyakarta. Wisata Kuliner Jogja yang satu ini buka pada jam 5 sore sampai jualannya habis.

10. Kedai Kopi Menoreh
Setelah membahas wisata kuliner Jogja dengan menu khas kopi di Angkringan Lek Man , kali ini kami juga akan membahas kopi lagi sebagai menu utama di salah satu tempat kuliner Jogja, yaitu Kedai Kopi Menoreh.

kedai kopi menoreh - wisata kuliner Jogja

Jika di Angkringan Lek Man sobat hanya bisa menikmati kopi pada malam hari , di Kedai Kopi Menoreh sobat bisa merasakan nikmatnya Kopi Menoreh tanpa harus menunggu waktu malam.
Kedai Kopi Menoreh buka pada jam 8 pagi sampai jam 10 malam , sangat cocok dikunjungi pada saat pagi atau siang , apalagi pada musim hujan seperti ini.

Di Kedai Kopi Menoreh sobat bisa menemukan kopi dengan 3 varian rasa yaitu Kopi single (biji satu) per 100 gram seharga Rp15.000,- , Kopi Mantap dengan harga Rp10.000,- , dan kopi jahe dengan harga Rp12.000,-. Di sana juga terdapat paket Kopi Menoreh seharga Rp10.000,- lengkap dengan gorengan, ketela rebus dan kacang rebus.

Tempat nya yang berada di Pegunungan dengan musim hujan yang terjadi pada saat ini pasti sangat nikmat mengunjungi Kedai Kopi Menoreh. Menikmati hangatnya kopi dan gorengan pada udara yang dingin.

Pemilik kedai kopi menoreh yaitu Pak Rohmat , sobat bisa mengunjungi kedai Kopi Menoreh Pak Rohmat ini di Madigondo RT. 26/10, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Jogja.

Nah , itulah 10 Wisata Kuliner Jogja yang terkenal dan menarik untuk dikunjungi.

Gimana sobat? Pasti ingin mencoba menu-menu di atas bukan? Ayo datang ke Jogja , berwisata ke Tempat wisata di Jogja kemudian melanjutkan dengan berwisata Kuliner khas Jogja yang lezat dengan harga yang merakyat.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "10 Wisata Kuliner Jogja yang Tidak Boleh Dilewatkan"