Memacu Adrenaline di Gondola Pantai Timang Jogja

Melanjutkan artikel tentang 5 Tempat Wisata di Jogja Anti Mainstream kemarin , untuk kali ini kami ingin mereview lebih lengkap lagi tentang Gondola Pantai Timang Jogja.

pantai timang jogja

Tentang Gondola Pantai Timang Jogja

Pantai Timang Gunungkidul sebenarnya dibagi menjadi dua area yang berbeda. Untuk area yang pertama berada di sebelah timur , yaitu pantai dengan pasir berwarna putih bersih seperti pantai wisata pada umumnya. Sedangkan area yang kedua berada  di bagian Barat berupa perbukitan batu-batuan yang cukup terjal yang berbatasan langsung dengan laut. Nah , pada bagian kedua inilah sobat bisa menemukan Gondola Tradisional yang bisa dinaiki oleh pengunjung / wisatawan.

Gondola tradisional Pantai Timang dibuat pada tahun 1997, awalnya Gondola Tradisional tersebut bukanlah wahana wisata pantai timang , melainkan media yang digunakan nelayan untuk menyebrangi laut agar sampai di pulau sebrang karena di pulau sebrang (masyarakat menyebutnya pulau panjang) merupakan tempat habitat lobster laut , sehingga masyarakat setempat menjadikan pulau panjang sebagai tempat mencari mata pencaharian sehari-hari.

Sebelum gondola dibuat , masyarakat setempat biasa berenang untuk menyebrangi laut di Pantai Timang. Namun karena ombak disana sangat besar akhirnya dibuatlah Gondola yang terbuat dari kayu dan digantung di tambang plastik , sebagai penghubungnya mereka hanya menggunakan tali tambang. Dimana penggunaan tali tambang dirasa akan lebih kuat untuk menghadapi air laut yang korosif jika dibandingkan dengan sling yang terbuat dari baja atau besi.

Memacu Adrenaline di Gondola Pantai Timang Jogja
Setelah beberapa tahun , banyak wisatawan yang mulai mengunjungi Pantai Timang dan penasarang ingin mencoba menaiki gondola tersebut. Awalnya menaiki gondola di pantai timang tidak dikenakan biaya , namun karena semakin ramainya pengunjung akhirnya masyarakat setempat sepakat untuk memberikan tarif pada pengunjung yang ingin menaiki gondola. Karena untuk dapat menarik gondola sendiri dibutuhkan tenaga yang sangat banyak sekaligus keahlian secara khusus.

gondola pantai timang jogja

Tarif gondola Pantai Timang yaitu Rp200.000,- untuk 2x luncur (saat menuju pulau panjang , dan kembali ke pantai timang). Harga yang cukup pantas mengingat gondola tradisional ini digerakkan dengan tenaga manusia yang tidak cukup hanya 1 orang penggerak.
Walaupun hanya terbuat dari kayu dan tali tambang , sobat tidak usah khawatir karena keamanan Gondola selalu di cek setiap hari.

Bagi sobat yang ragu-ragu sebaiknya tidak perlu memaksakan diri untuk menaiki gondola nya , dikhawatirkan ketika berada dalam perjalanan meluncur sobat takut dan kehilangan kendali. Lebih mengerikan lagi kalau sobat sampai di pulau sebrang kemudian takut untuk kembali , bisa-bisa sobat tinggal di Pulau panjang selamanya hehehe xD
Untuk sobat yang tidak menaiki gondola tenang saja , sobat masih bisa menikmati keindahan pulau timang dan pemandangan laut di sana. Angin laut yang sejuk serta keramaian nelayan dan pengunjung pantai timang pastinya dapat menghilangkan rasa galau dan sepi dihati sobat.

Namun bagi sobat yang merasa tertantang , dan merasa berani untuk menaikinya ayoo datang ke pantai timang Jogja.
Untuk alamat Gondola Panta Timang yaitu Pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul , Jogja.

Rute menuju Pantai Timang : Perjalanan dari Yogyakarta menuju Pantai Timang memakan waktu sekitar 3 jam. Jarak dari kota Wonosari sampai sampai Pulau Timang sekitar 35 km. Wonosari , menuju ke arah Pantai Baron – Pertigaan Mulo – menuju ke arah Pantai Siung – Pasar Dakbong kemudian melewati jalanan berbatu dan sampailah sobat di Pantai Timang.

Oiya berikut sedikit tips dari kami jika sobat ingin ke pantai timang , sebaiknya sobat menyiapkan bekal makanan (baik cemilan maupun makanan) dari rumah atau beli ditempat yang masih banyak penjual makanan karena di Pantai Timang sobat akan kesulitan untuk mencari penjual makanan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Memacu Adrenaline di Gondola Pantai Timang Jogja"

Post a Comment