Mengarungi Sungai Bawah Tanah - Goa Pindul Jogja

Tempat Wisata di Jogja yang Anti Mainstream selanjutnya yaitu Goa Pindul Jogja.

goa pindul jogja

Goa Pindul merupakan tempat wisata Cave Tubing (wisata mengarungi sungai dengan menggunakan ban) yang berada di desa Gelaran 1, Kel. Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul , Yogyakarta.

Untuk sobat belum tau perbedaan Rafting dan Cave Tubing , kami akan menjelaskan sedikit tentang perbedaannya.
Rafting yaitu mengarungi sungai dengan menggunakan perahu , entah perahu kayu ataupun karet. Sedangkan Cave Tubing merupakan kegiatan mengarungi sungai menggunakan ban (body rafting). Untuk Cave Tubing sendiri lebih bersifat santai / tidak begitu memacu adrenaline karena Cave Tubing biasanya dilakukan di sungai dengan aliran air yang tenang.

Di Goa Pindul Jogja , sobat akan mengarungi sungai dengan menggunakan ban karet beserta perlengkapan keamanan yang disediakan oleh pengelola mulai dari pelampung , head lamp , dan sepatu karet. Disana sobat akan mengarungi sungai yang panjangnya kurang lebih 350 meter dengan kedalaman air sekitar 5 - 12 meter.

Walaupun air yang mengalir cukup tenang tetapi kegiatan Cave Tubing di Goa Pindul Jogja juga menegangkan karena ketika sobat berada di dalam goa , sobat sesungguhnya berada di dalam bumi. Suasana yang gelap dan keberadaan kelelawar di dalam goa menambah ketegangan suasana di dalam Goa Pindul.
Tetapi tenang saja , karena kegiatan Cave Tubing di Goa Pindul ini aman.

Selain sobat bisa mengarungi sungai dengan menggunakan ban , sobat juga bisa sesekali terjun kedalam air untuk berenang di sungai Goa Pindul. Walaupun kedalaman air mencapai 12 meter , sobat tidak akan tenggelam karena saat sobat memulai Cave Tubing sobat akan dibekali jaket pelampung sehingga ketika berada di air sobat tidak tenggelam.

cave tubing goa pindul

Untuk pemandangan di Goa Pindul sendiri juga cukup mempesona. Goa Pindul tersusun dari 7 goa yang memiliki 3 zona yaitu zona gelap , zona remang , dan zona terang. Di zona terang sobat akan melihat atap goa yang menjadi jalan masuk sinar matahari , selain itu di zona yang lain terdapat batu kristal, moonmilk, serta stalaktit dan stalagmit yang indah. Sebuah pilar raksasa yang terbentuk dari proses pertemuan stalaktit dan stalagmit yang usianya mencapai ribuan tahun.

Dan ketika sobat berada dalam perjalanan megarungi sungai , pemandu wisata Cave Tubing seringkali bercerita tentang Goa Pindul. Mulai dari sejarah , penjelasan-penjelasan tentang isi Goa Pindul , dan beberapa mitos Goa Pindul.

Itulah review detail dari salah satu Tempat Wisata di Jogja anti Mainstream.
Jika sobat sering ke Jogja namun belum pernah mengunjungi Goa Pindul , inilah saatnya sobat mencoba Cave Tubing di sungai Goa Pindul. Untuk tiket masuk area pindul sobat akan dikenakan biaya Rp10.000,- , jika sobat ingin mencoba cave tubing sobat akan dikenakan biaya tambahan. Namun biaya Cave Tubing di Goa Pindul cukup terjangkau.
Yaitu Rp35.000,- per orang untuk wisatawan lokal , dan Rp50.000,- per orang untuk wisatawan mancanegara.

Goa Pindul dibuka pada jam 7 pagi sampai jam 4 sore , jika sobat ingin mengunjungi Goa Pindul pastikan datang pada pagi hari agar sobat bisa lebih lama dalam menikmati wisata di Goa Pindul.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Mengarungi Sungai Bawah Tanah - Goa Pindul Jogja"