Pesona Keindahan Kawah Putih Ciwidey Bandung

Setelah mengetahui apa saja sih yang ada di Dusun Bambu Lembang kemarin , kali ini kami akan mengajak sobat untuk melihat Pesona Keindahan Kawah Putih di Bandung.

title pict - kawah putih ciwidey bandung

Sejarah singkat :
Kawah Putih Ciwidey Bandung terbentuk dari letusan gunung Patuha yang terjadi pada abad ke 10 masehi. Pada saat itu masyarakat sekitar menganggap kalau tempat terjadinya letusan gunung Patuha tersebut angker sehingga tidak ada yang tahu bahwa bekas letusan tersebut menjadi tempat yang indah. Bahkan pada saat itu banyak burung yang mati ketika terbang diarea Kawah Putih. Hal ini membuat masyarakat sekitar semakin takut untuk mendekati Kawah Putih Ciwidey.
Hingga akhirnya pada tahun 1837 ada seorang dari Belanda yang berkunjung ke Bandung bagian Selatan (Ciwidey) bernama Dr Franz Wilhelm Junghuhn yang menemukan hal aneh yaitu pegunungan yang sunyi , bahkan hampir tidak ada seekor burung pun yang melintas. Hal ini membuat Dr Franz W.J penasaran sehingga dia mencari informasi dengan bertanya kepada masyarakat sekitar.
Masyarakat sekitar pun memberitahu Dr Franz bahwa tempat di Gunung Patuha angker , banyak kerajaan makhluk halus dan arwah-arwah leluhur di gunung tersebut sehingga membuat kawasan Gunung Patuha sunyi.
Bagi Dr Franz yang latar belakangnya kurang percaya dengan hal-hal mistis dan tidak masuk akal tersebut membuatnya semakin penasaran. Dia pun mendatangi puncak Gunung Patuha , menembus hutan yang mengelilingi kawasan kawah putih.
Sesampainya di puncak Dr Franz dikagetkan dengan danau yang airnya berwarna hijau dikelilingi tanah berwarna putih seperti salju. Pemandangan yang begitu indah membuat Dr Franz kagum dan sejak kejadian tersebut kawah putih mulai didatangi masyarakat sekitar hingga menjadi bahan pembicaraan yang cepat tersebar luas.

view kawah putih ciwidey bandung

Pada tahun 1987 pemerintah Indonesia mulai meresmikan Kawah Putih Ciwidey menjadi salah satu tempat wisata di Bandung.

Baca artikel terkait tentang Tempat Wisata yang ada di Bandung

Nah , untuk sobat yang penasaran dengan Kawah Putih Ciwidey Bandung bisa mendatangi tempatnya. Pemandangan yang indah , udara yang sejuk , serta jajanan khas Jawa Barat bisa sobat nikmati disana.
Banyak hal yang bisa sobat lakukan disana. Bersantai menenangkan hati dan fikiran , liburan berkumpul bersama keluarga , teman , juga pasangan.
Sobat juga bisa menjadikan Kawah Putih Ciwidey sebagai tempat untuk hunting foto. Dari foto Wedding , foto majalah , modelling , atau bahkan sekedar hobi untuk foto pribadi. Karena pemandangannya yang memang membuat kita terkagum akan ciptaan Nya.

tempat wisata alam - Kawah Putih Bandung

Pemandangan Kawah Putih Ciwidey Bandung yang mempesona

Harga tiket Kawah Putih Ciwidey :
- Hari Biasa dan Hari Libur :
  Rp18.000,- per orang (untuk wisatawan lokal)
  Rp50.000,- per orang (untuk wisatawan mancanegara)
- Pre Wedding : Rp500.000,- 
Note : ramainya pengunjung membuat sobat yang ingin mengambil foto kesulitan mencari background yang sepi. Jadi pengelola Kawah Putih Ciwidey menyediakan fasilitas lokasi Pre Wedding dimana backgroundnya dijamin sepi sehingga nyaman jika digunakan untuk berfoto. Tentunya biaya ini mahal karena harus menyisihkan tempat yang seharusnya bisa detempati pengunjung umum.

keramaian kawah putih bandung

Harga Jasa Parkir :
Di Kawah Putih Ciwidey terdapat 2 tempat parkir yaitu Area Parkir Bawah yang terdapat di dekat gerbang masuk dan Area Parkir Atas yang terdapat di dekat lokasi Kawah Putih Ciwidey.

- Harga Area Parkir Bawah :
1. Motor (Roda 2) : Rp3.000,-
2. Mobil (Roda 4) : Rp6.000,-
3. Bus (Roda 6) : Rp25.000,-
Note : jika sobat memilih area parkir bawah sobat harus melanjutkan perjalanan menuju lokasi kawah putih dengan menaiki angkutan Ontang Anting. Untuk naik ontang anting sobat dikenakan biaya Rp15.000,- (PP). Jika sobat berangkat ke lokasi menggunakan ontang anting untuk pulangnya sobat tidak perlu membayar.
Tetapi jika sobat adalah orang yang suka berpetualang sobat bisa menuju lokasi Kawah Putih dengan berjalan kaki sambil menikmati udara dan pemandangan disana. Jarak dari area parkir bawah sampai lokasi kawah putih kurang lebih 5KM.

- Harga Area Parkir Atas : Rp150.000,-
Note : area parkir atas sepertinya hanya untuk kendaraan roda 4. Biaya yang cukup mahal karena area parkirnya dekat dengan lokasi sehingga pengunjung tidak perlu menaiki Ontang Anting.

Ayo nikmati pesona keindahan Kawah Putih di Bandung ^^

Untuk sobat yang ingin mengunjungi Kawah Putih Ciwidey Bandung bisa datang antara jam 7:00 WIB sampai 17:00 WIB. 

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Pesona Keindahan Kawah Putih Ciwidey Bandung"

  1. live sabung ayam Terbesar & Terpercaya !
    Tersedia 3 Jenis Taruhan Sabung Ayam Live
    Sabung Ayam S128 - SV388 - CFT2288 (KUNGFU)
    Raih Kemenangan Anda Bersama Kami...
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    Telegram : +62812-2222-995 / https://t.me/bolavita
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete