Grand Canyon Indoneisa - Air Terjun Sri Gethuk Jogja

Melanjutkan review tentang 5 Tempat Wisata di Jogja Anti Mainstream , setelah kita melihat Hutan Kalibiru , Gondola Pantai Timang , Candi Sambisari , dan Goa Pindul , sekarang saatnya melihat lebih detail lagi tentang Air Terjun Sri Gethuk..


air terjun sri gethuk

Jika sobat pernah mendengar Grand Canyon Arizona di Amerika , sekarang kami ingin memberitahu kepada sobat semua kalau Indonesia juga mempunyai Grand Canyon sendiri.
Air Terjun Sri Gethuk , salah satu tempat wisata di Jogja yang sering-sering disebut Grand Canyon / Green Canyon nya Indonesia oleh para wisatawan dan masyakarakat setempat. Karena disana terdapat sungai yang dinamakan sungai Oya , yang mengalir di antara tebing yang tinggi sebagaimana Grand Canyon Arizona.

Air Terjun Sri Gethuk terletak di Desa Bleberan, Playen , Gunungkidul , Jogja. Wisata air terjun ini sepenuhnya dikelola oleh warga setempat karena lokasinya yang berada di tempat terpencil. Bahkan jika sobat ingin berwisata ke Air Terjun Sri Gethuk sobat tidak bisa langsung menuju lokasi , untuk menuju lokasi air terjun ada 2 rute yang bisa ditempuh. Yang pertama dengan jalan kaki melewati sawah  , yang ke dua dengan cara menaiki rakit yang tersusun dari drum bekas dan papan dengan melewati sungai Oya.

Kalau menurut kami , akan lebih seru jika menuju lokasi air terjun dengan melewati sungai oya karena sobat akan terasa seperti di Grand Canyon Arizona. Mengarungi sungai dengan pemandangan tebing-tebing yang tinggi pada sebelah kanan dan kiri sobat.

tempat wisata di jogja - sungai oya

Tetapi jika sobat memilih untuk menaiki rakit dalam perjalanan menuju air terjun sri gethuk kami sarankan agar sobat sampai dilokasi pada saat masih pagi , karena ketika matahari belum tinggi aliran sungai oya begitu tenang sehingga tidak begitu kesulitan dalam perjalanan menuju lokasi air terjun.

Perjalanan menuju lokasi air terjun sri gethuk jika dengan menaiki rakit akan memakan waktu sekitar 15 menit. Setelah sobat menikmati pemandangan tebing yang tinggi , pepohonan , hutan , habitat alami yang berada sungai Oya selama 15 menit sobat akan sampai pada Air Terjun Sri Gethuk.

tempat wisata di jogja - air terjun sri gethuk

Setelah sobat sampai di Air Terjun Sri Gethuk , sobat akan diperlihatkan pemandangan yang menakjubkan. Jika air terjun pada umumnya terjun kebawah seperti ditampung oleh kolam kemudian menglir ke sungai , pada Air Terjun Sri Gethuk sobat akan menemukan air terjun yang berbeda , dimana air yang terjun tidak langsung menuju aliran sungai bawah namun mengalir berkelok-kelok di sela-sela batu dan pohon, kemudian baru sampai ke aliran sungai bagian bawah.

Air yang mengalir kemudian terjun dari atas bukit ini juga terkadang menjadi pelangi yang bisa dilihat dalam waktu yang cukup lama. Sungguh pemandangan yang mempesona , dari sungai oya kemudian di Air Terjun Sri Gethuk sendiri. Tempat wisata yang benar-benar berbeda , anti mainstream dibandingkan tempat-tempat wisata yang sudah populer. Lokasi yang terpencil , masih sangat alami pastinya lebih indah jika dibandingkan dengan tempat wisata yang sudah "disetting".

Di lokasi air terjun sobat bebas berenang , mandi , menikmati guyuran air yang tidak ada habisnya , tidak mengenal musim karena dimusim kemarau pun Air Terjun Sri Gethuk masih mengalir sangat deras. Air yang bersih , jauh dari pencemaran tentu bebas dari penyakit.

Gimana sobat? Pasti ingin mencoba tempat wisata di Jogja yang satu ini bukan?
Ayoo datang ke Air Terjun Sri Gethuk.. disana buka setiap hari mulai dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore.
Untuk tiket masuknya sangat terjangkau yaitu Rp7.000,- per orang, jika sobat menuju lokasi  menggunakan rakit , sobat dikenakan biaya tambahan Rp10.000,- per orang.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Grand Canyon Indoneisa - Air Terjun Sri Gethuk Jogja"

Post a Comment